Minggu, 25 November 2012

Spesifikasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich


Google kembali mengupgrade sistem operasi yang ditujukan untuk smartphone Android. Bernama Ice Cream Sandwich, Android 4.0 tampil dengan tiga slogan : “Enchant me. Simplify my life. Make me awesome”. Penyempurnaan dilakukan dengan mengamati apa yang sebenarnya bekerja pada iPhone dan ponsel dengan sistem operasi Windows. Kemudian, mereka mencocokkannya dengan ponsel mereka: melihat apa yang tidak bekerja pada Android.

Home screen
Terlihat seperti tambel, dengan gaya Honeycomb. Namun beda dengan Honeycomb pada tablet, Anda dapat mengubah ukuran widget sesuai selera pengguna, sehingga penggunanya lebih nyaman.
Ikon aplikasi dapat diseret ke dalam folder, ala IOS. Tapi Ice Cream Sandwich lebih unggul dari iPhone dengan membiarkan pengguna menempatkan kontak seseorang (atau setidaknya jalan pintas speed dial) ke dalam folder juga, dan bahkan menempatkan orang dalam “favorit”.
Notifikasi
Android sudah memiliki sistem notifikasi yang lebih baik daripada yang lain. Kini, pengguna juga bisa mengintip notifikasi kendati layar ponsel dalam keadaan terkunci.
Keyboard
Ada keyboard baru, dengan inline periksa ejaan. Juga untuk kepentingan cut, copy, paste, sehingga memudahkan input.
Screenshot
Dulu, pengguna tidak dapat berbagi screenshot android sederhana, semudah pada perangkat IOS. Namun sekarang android memiliki kemampuan screenshot sama persis, dengan animasi Polaroid kecil yang lucu untuk menyorot tindakan.
Browser
Tab horizontal pada browser baru memegang 16 tab halaman terbuka, ditumpuk vertikal, bahwa Anda dapat membolak-balik, dengan live preview. Jika pada perangkat tablet harus menekan-tahan untuk meminta versi desktop dari sebuah situs web, dengan versi ini pengguna dengan mudah mendapatkan link “full version”.

Gmail
Aplikasi Gmail terlihat lebih bagus, dapat memilih beberapa email sekaligus untuk mempercepat pengarsipan. Pengguna juga dapat membolak-balik email secara horizontal, untuk membaca lebih cepat, dan bahkan mencari hingga 30 hari ke belakang, tanpa terhubung ke jaringan.
Alamat email sekarang berasosiasi dengan orang-orang, sehingga mendapatkan banyak pilihan. Bahkan dapat memilih untuk menggunakan media komunikasi. Mungkin bukan email saja melainkan IM atau akun Twitter.
Kalender
Memungkinkan pengguna membolak-balik tanggal lebih mudah. Agenda bisa di-zoom in untuk melihat aktivitas selama sebulan dalam sekejap.
Mobile data
Seperti pada iPhone, kini pengguna dapat menonaktifkan mobile data untuk menghindari biaya yang tidak diinginkan dari operator nirkabel. Serta dapat melihat grafik penggunaan bulanan, bahkan mengendalikan lonjakan dalam penggunaan, dan melihat aplikasi yang tepat yang menyebabkan masalah itu. Sehingga dapat membatasi penggunaan data aplikasi tersebut. Kontrol ini cukup mengagumkan.
Foto dan video
Semua perangkat Ice Cream Sandwich akan membiarkan pengguna berbagi foto dan video langsung dari dalam kamera, dan melihat semua gambar tidak hanya diorganisasi oleh waktu tetapi dengan lokasi atau bahkan orang-orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar