Minggu, 25 November 2012

Sistem Operasi Android



Android adalah sistem operasi Mobile Phone berbasiskan Linux. Android bersifat open source yang source codenya diberikan secara gratis bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka agar dapat berjalan di Android.

Sejarah Sistem Operasi Android
            Pada mulanya, Android adalah salah satu produk dari Android Inc., namun Google mengakuisisi Android Inc., dan semua kekayaan intelektual milik Android Inc. diperoleh Google Inc. Android Inc adalah pendatang baru dalam hal membuat software untuk ponsel yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Kemudian dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan hadware, software, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile,  Nvidia dan lain-lain. Open Handset Alliance dibentuk untuk mengembangkan Android sebagai OS OpenSource pertama untuk Mobile Phone. Pada tanggal 5 November 2007, dirilis Android versi awal dimana Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Dilain pihak, Google merilis kode-kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, diantaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler.  Sehingga muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler.

Saat ini Android telah memiliki berbagai versi dan yang terbaru adalah Android versi ke 4.0 atau yang sering disebut dengan ice cream sandwitch. Berikut ulasan mengenai perkembangan versi pada Android :
1.Android Versi 1.0 (Apple pie)
2.Android Versi 1.1 (Banana bread)  
3.Android 1.5 (Cupcake)
4.Android 1.6 (Donut)
5.Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
6.Android versi 2.2 (Froyo)
7.Android versi 2.3 (Gingerbread)
8.Android versi 3.0 (Honeycomb)
9.Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar