Minggu, 17 Maret 2013

Cara mendapatkan informasi lokasi geografis (lintang dan bujur) pada Google Earth


Saat ini teknologi merupakan kebutuhan sehari-hari, seperti GPS yang dapat memudahkan kita dalam mendapatkan informasi lokasi suatu tempat. Ada banyak cara atau aplikasi yang di pakai untuk membantu kita mendapatkan informasi tersebut.

Ada beberapa tahap/cara mendapatkan informasi  suatu lokasi antara lain:
1.        Download aplikasi google earth
2.       Pada kotak “search” di pojok kiri atas ketiklah lokasi yang di inginkan. Contohnya saya memasukkan lokasi “SMA Negeri 2 Depok” pada kotak search. Lalu aplikasi mulai mencari beberapa titik berdasarkan keyword yang di ketik pada kotak search.
3.       Munculah beberapa  titik yang terdekat dengan lokasi yang anda masukkan dan ada keterangan alamat beberapa titik lokasi pada kotak keterangan dibawah kotak search. Pada titik tersebut terdapat label nama lokasi.
4.       Pada kotak keterangan carilah alamat yang sesuai lalu klik lokasi tersebut. Maka aplikasi ini akan zoom lokasi lebih dekat dan terlihat jelas lokasi tersebut dari atas.
5.       Untuk mengetahui informasi lintang dan bujur SMA 2 Depok ,klik toolbar new place mark . lalu tempatkan pada titik SMA 2 Depok. Maka diketahuilah Latitude 6o26’26’.24”S dan Longitude 106o54’57.00”E. Masih banyak informasi lain yang di sediakan oleh google earth .


1 komentar:

  1. hai mba... mau nanya ni, kalau bahasa program yang mudah digunakan untuk sistem informasi geografis apa ya?

    add saya email: rio_christinmylife@yahoo.co.id





    BalasHapus