Senin, 28 September 2015

ANALISIS MARKETING MIX 7 PS PADA WEBSITE OLX.COM

Perkembangan teknologi telekomunikasi dan internet menyebabkan

terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Dalam era yang disebut information

age ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan

komunikasi dan bisnis. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan seringkali memanfaatkan media internet sebagai media untuk pencarian terhadap informasi perusahaan dan

promosi. Selain digunakan sebagai media informasi dan promosi, internet juga

digunakan sebagai proses pembelian dan penjulan produk, jasa dan informasi

secara online yang disebut e-commerce.

Salah satu fenomena e-commerce saat ini yang mulai berkembang dengan

pesat di Indonesia adalah dengan munculnya situs jual beli online.
Melalui

situs jual beli, seorang pengusaha dapat menjangkau target market yang jauh lebih

luas dengan biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan

cara biasa secara offline. Banyak pengusaha yang memasarkan barang

dagangannya secara online, mereka biasanya memanfaatkan fasilitas situs-situs

forum dan jejaring sosial seperti Kaskus, Facebook, tokobagus.com, Bhineka,

berniaga.com, blibli.com dan situs jual beli lainnya.

Faktor kepercayaan konsumen juga menjadi hal yang harus diperhatikan

oleh tokobagus.com, dimana akan mempengaruhi niat konsumen dalam membeli

produk melalui tokobagus.com. Kepercayaan pada situs online merupakan hal

yang penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan dari aktivitas e-

commerce (Koufaris dan Hampton-Sosa, 2004). Kaur (2005) juga menyebutkan

bahwa konsumen yang melakukan pembelian secara online sangat memperhatikan

produk yang tidak aman, ketidak-amanan dalam melakukan pembayaran, privasi

konsumen, dan penyalahgunaan informasi personal. Dengan pertimbangan

tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mempelajari pengaruh kepercayaan

terhadap situs tokobagus.com (online trust) terhadap niat pembelian produk

(online purchase intention) dan juga faktor yang mempengaruhi kepercayaan

terhadap situs jual beli, seperti pengetahuan konsumen terhadap e-commerce (e-

commerce knowledge), reputasi perusahaan (perceived reputation), resiko dalam

pembelian melalui situs (perceived risk), dan kemudahan penggunaan situs

(perceived technology).



2.2.1 Product

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk

memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen. Pemasar mengklasifikasikan

produk berdasarkan daya tahan dan keberwujudan, barang konsumen, dan barang

industri.

Faktor-faktor yang terkandung dalam suatu produk meliputi: 1). Kualitas,

2). Desain, 3). Ciri-ciri produk, 4). Nama merek dagang, 5). Kemasan, 6). Ukuran,

7). Keputusan pada bauran produk sangat mendasar, karena merupakan tawaran

nyata dari perusahaan yang akan dipertimbangkan oleh konsumen. Keberhasilan

produsen, menghadirkan produk yang mampu memenuhi keinginan pasar maka

produk tersebut akan terus dicari konsumen dan juga sebaliknya jika produk gagal

memenuhi keinginan pasar, maka tidak akan mampu bertahan lama di pasaran.
       
        Dalam hal ini OLX.com menyajikan tampilan yang menarik bagi user , baik penjual maupun pembeli dapat dengan mudah memilih produk yang dijual dengan mudah. Fitur-fitur yang lengkap juga turut menghiasi desain website ini. Produk yag dijual pun sangat beragam mulai dari aksesoris, kebutuhan sehari-hari, kendaraan, elektronik dll semua bahkan lengkap tersedia disini.



2.2.2   Price

Dalam memasarkan produknya, perusahaan harus menetapkan harga yang

sesuai dengan tujuan pemasaran perusahaan dan tidak merugikan perusahaan itu

sendiri. Harga merupakan sesuatu yang diserahkan dalam pertukaran untuk

mendapatkan suatu barang ataupun jasa.. Hal ini ditentukan oleh sejumlah faktor

diantaranya pangsa pasar, persaingan, biaya material, identitas produk, dan

perceived value yang dirasakan pelanggan. Suatu usaha dapat meningkatkan atau

menurunkan harga produk jika tempat lain menjual produk yang sama. variabel-

variabel pemasaran harga diantaranya yaitu daftar harga, potongan harga khusus,

periode pembayaran, syarat kredit, dan sebagainya.

        Untuk harga OLX.com memasang tariff yang jauh lebih murah dari harga pasaran atau counter/toko resmi. Karena tidak ada pajak dan sewa toko apabila menjual barang secara online. Terkadang ada penjual yang menawarakan nego terhadap barang yang dijual.








2.2.3   Place

Tempat (distribusi) merupakan lokasi dimana suatu produk dapat dibeli.

Sering disebut sebagai saluran distribusi. Tempat termasuk berbagai kegiatan

yang dilakukan perusahaan agar produk dapat diperoleh dan tersedia bagi

pelanggan. Variabel-variabel pemasaran dalam place diantaranya yaitu saluran

pemasaran, cakupan pasar, pengelompokan, lokasi, persediaan, transportasi, dan

sebagainya.

        Pada OLX.com penjual dan pembeli bebas menentukan dimana lokasi yang akan dipasarkan sesuai dengan tempat tinggal masing-masing. Di manapun lokasi anda dapat membeli produk yang ditawarkan.



2.2.4   Promotion

Promosi adalah suatu kondisi yang melibatkan perusahaan dalam

memasarkan produk atau jasanya dengan menggunakan informasi dan dorongan

yang bertujuan untuk mempengaruhi perilaku dan tindakan konsumen. Alat-alat

promosi ini menurut Kotler (2009) antara lain adalah adalah periklanan, promosi

penjualan, publisitas, public relations, personal selling dan direct marketing.

        OLX.com bekerja sama dan melakukan promosi dengan terhubung dengan media social lainnya seperti iklan di halaman facebook, website , zalora bahkan iklan di televisi.

                2.2.5 People
Penjual maupun pembeli memiliki akun yang berisi profile lengkap dan ID  juga dilengkapi dengan alamat dan no telepon sehingga terjalin kepercayaan satu sama lain.
                2.2.6 Process
Pada OLX.com pembeli sangat mudah dalam mendapatkan layanan, pertama pembeli membuat akun , lalu setelah mendaftar pembeli bebas memilih barang yang di inginkan bahkan pembeli pun bias sewajtu waktu menjadi penjual. Setelah memilih barang yang diinginkan pembeli bias langsung menghubungi penjual dan melakukan negosiasi pembayaran

2.2.7 Physical Envidence
Secara keseluruhan OLX.com memiliki tampilan yang menarik, fitur yang lengkap sangat mudah diakses oleh siapapun, pembeli dan penjual sekaligus biisa merangkap keduanya, kemudahan dalam proses jual beli semua dapat diakses dari mana pun dan kapan pun . pembayaran yang transparent juga memudahkan dengan adanya rekening bersama.


SUMBER : ANALISIS KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP SITUS JUAL BELI TOKOBAGUS.COM: ANTECEDENTS DAN OUTCOME, TESIS, ARTHUR DIAS, FAKULTAS EKONOMI PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar